Saturday, April 6, 2013

Pengertian, Faktor Pendorong dan Arti Penting Globalisasi


GLOBALISASI





A. Pengertian Globalisasi



            Secara etimologis (asal usul kata) globalisasi berasal dari kata globe (bahasa inggris) yang berarti dunia. Dari kata itu dikenal istilah globalisasi (globalization) yang berarti proses mendunia.

            Globalisasi secara harfiah adalah sebuah perubahan sosial, berupa bertambahnya keterkaitan diantara masyarakat dan elemen-elemennya yang terjadi akibat transkulturasi dan perkembangan teknologi di bidang komunikasi dan transportasi yang memfasilitasi pertukaran budaya dan ekonomi internasional.



Pengertian globalisasi menurut para ahli



1. Laurence E. Rothenberg : Globalisasi adalah percepatan dan intensifikasi interaksi dan intergrasi antara orang-orang perusahaan, dan pemerintah dari negara yang berbeda.



2. Selo Soemardjan             : Globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia. Tujuan globalisasi adalah untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama misalnya terbentuknya PBB, OKI dll.



3. Achmad Suparman          : Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah.



4. Scholte                            : Globalisai diartikan sebagai meningkatnya hubungan internasional. Dalam hal ini masing-masing negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing, namun menjadi semakin tergantung satu sama lain.



5. Wikipedia Ensiklopedia :  Globalisasi atau penyejagatan adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.



Globalisasi merupakan suatu proses sosial yang ditandai dengan semakin menyatunya dunia. Dunia seakan tanpa batas lagi, hubungan antar manusia di berbagai belahan dunia dapat berlangsung dengan cepat, peristiwa yang terjadi di suatu tempat segera dapat diketahui oleh seluruh masyarakat dunia.





B. Faktor Pendorong Globalisasi



*      Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi



Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang menghasilkan alat-alat komunikasi dan transportasi yang semakin canggih menimbulkan mobilitas dalam berbagai bidang kehidupan manusia yang semakin cepat. Adanya satelite, handphone, internet maupun pesawat terbang mempercepat mendapatkan informasi lebih mudah.



*      Terbukanya Sistem Perekonomian Negara



Adanya perdagangan bebas baik dalam bidang perdagangan, produksi maupun investasi keuangan telah memaksa tiap negara untuk menerima dan memasarkan produknya ke semua negara di dunia tanpa ada lagi proteksi dari negara sehingga nanti produk-produk negara lain akan mudah didapat. Ketergantungan antar negara dalam pembuatan, distribusi sampai pemasaran akan semakin kuat.



*      Liberalisasi Keuangan Internasional



Mengglobalnya keuangan dunia sangat terkait dengan perdagangan dunia yang menimbulkan saling ketergantungan dalam sistem perekonomian dan keuangan antar negara. Pemilik modal besar, setiap saat dapat memainkan modalnya dari negara satu ke negara lainnya, sehingga dapat menimbulkan krisis bagi negara yang modalnya diambil oleh investor. Contohnya di negara Indonesia krisis moneter pada tahun 1997.



*      Dorongan Untuk Perpindahan Antar Negara



Semakin besarnya keinginan penduduk dunia untuk melakukan perjalanan atau travelling ke luar negara karena didorong oleh keperluan bisnis dan keperluan lainnya. Hal ini akan mengundang para investor dari negara lain untuk menanamkan modalnya di negara yang sedang berkembang tersebut. Akhirnya mereka tidak lagi dianggap sebagai orang asing oleh penduduk asli dan diterima dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.






C. Arti Penting Globalisasi Bagi Indonesia



            Arti penting globalisasi bagi Indonesia yaitu Indonesia dapat mengambil manfaat dari kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh bangsa atau negara lain, untuk diterapkan di Indonesia. Berikut merupakan arti penting globalisasi bagi Indonesia.



*      Globalisasi mendorong perkembangan ekonomi sebab produsi dari Indonesia akan mudah dipasarkan keseluruh penjuru dunia, sebaliknya bangsa yang lain dapat membantu pengelolaan sumber daya alam dan menanamkan modal di Indonesia



*      Globalisasi memperluas cakrawala dan wawasan masyarakat Indonesia untuk mengikuti kemajuan teknologi dan peradaban bangsa-bangsa lain sehingga mendorong untuk hidup lebih baik

*      Globalisasi mendorong perilaku demokratis, mempererat hubungan antar warga negara dan warga masyarakat karena globalisasi menuntut komunikasi yang lebih luas dengan sarana komunikasi transportasi modern



*      Globalisasi mendorong semangat bekerja keras, mengembangkan potensi diri dalam menghadapi persaingan karena globalisasi menuntut persaingan baik sesama WNI ataupun dengan bangsa lain



*      Globalisasi meningkatkan kesatuan dan persatuan bangsa karena globalisasi mendorong kemajuan teknologi komunikasi, informasi sehingga wilayah Indonesia yang sangat luas dapat disatukan akibat komunikasi dan transportasi berjalan dengan mudah, cepat dan lancar.



Tidak semua kemajuan kita ambil begitu saja. Indonesia harus mengambil kemajuan dari segi sisi positifnya saja. Untuk itu nilai-nilai Pancasila harus kita gunakan dalam menyaring  dari nilai yang diambil, karena nilai-nilai Pancasila sesuai dengan situasi dan kondisi bangsa Indonesia. Sesuatu yang modern memang diperlukan, namun tidak boleh menghilangkan nilai-nilai yang sudah mengakar dalam diri bangsa Indonesia.






Peringatan!!!
Dilarang meng-copy post ini secara illegal, kecuali jika kamu mendapat izin dari penulis atau dengan mencantumkan URL pada blog atau tugasmu.
Hargailah penulis OK!!!




15 comments:

  1. bagus ini, tapi kurang lengkap :)

    ReplyDelete
  2. Izin copas.... bagus kok file nya

    ReplyDelete
  3. izin copas ya kak.. :D teerimakasih

    ReplyDelete
  4. Izin copy paste ya! Pas banget nih sama yang lagi aku cari! Bagusss:)

    ReplyDelete
  5. izin copy paste ya kak buat tugas, artikelnya bagus :)

    ReplyDelete
  6. Izin buat copy paste ya kakak :) buat tugas sekolah. Artikelnya bagus banget :D

    ReplyDelete
  7. izin copas yaa.. terima kasih sebelumnya, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  8. izin copy ya kak, buat tugas sekolah. makasih atas informasinya

    ReplyDelete