Wednesday, October 23, 2013

Teks Laporan Hasil Observasi

Tugas 2
Mengelompokkan Berbagai Jenis Minuman


1.      Tabel Hasil Pengamatan

No
Nama Minuman
Kemasan
Bahan
Penyajian
Obat
Produk Lokal
Plastik
Kertas
Botol
Soda
Alkohol
Hangat
Dingin
1
Ron 88
Y
T
Y
T
T
T
BS
T
Y
2
Teh Gelas
Y
T
T
T
T
T
BS
T
Y
3
Es Campur
T
T
T
T
T
T
BS
T
Y
4
Cingcau
T
T
T
T
T
T
BS
T
Y
5
Cocacola
Y
T
Y
Y
T
T
BS
BS
T
6
Fanta
Y
T
Y
Y
T
T
BS
BS
T
7
Bintang Sobo
Y
T
T
T
T
T
BS
T
Y
8
Susu KPBS Pangalegn
Y
T
T
T
T
T
BS
Y
Y
9
Es Cendol
Y
T
T
T
T
T
BS
T
Y
10
Jus Buah
Y
T
T
T
T
BS
BS
Y
Y
11
Teh Kotak
T
Y
T
T
T
T
BS
T
Y

Keterangan:
Y : Ya                     T : Tidak               B : Bisa Jadi


2.      Teks Laporan Hasil Observasi

Minuman di Sekitar Kita

Sebagai makhluk hidup, pasti kita memerlukan nutrisi baik itu berupa makanan ataupun minuman. Minum merupakan salah satu aktifitas pemenuhan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh, karena sebagian besar bagian dari tubuh kita terdiri dari air. Sekarang ini, kita akan amat mudah menemukan berbagai macam minuman di sekitar kita. Berbagai macam minuman tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan kemasan, bahan yang dikandung, khasiat, penyajian dan produk lokal/nonlokal.
Berdasarkan Kemasan, minuman dapat dikelompokkan menjadi kemasan berbahan plastik, kertas, dan berbentuk botol. Kemasan berbahan plastik merupakan kemasan yang kurang baik untuk digunakan karena kemasan jenis ini sulit terurai dan menimbulkan banyak kerugian. Contoh minuman berkemasan plastic yaitu minuman cocacola, Fanta, bintang sobo, dll. Kemasan kertas adalah kemasan yang jarang dipakai pada minuman, karena sifatnya yang mudah menyerap air dan rawan bocor. Contohnya, minuman teh kotak. Kemasan berbentuk botol biasanya banyak dipakai pada berbagai jenis minuman, karena sifatnya yang praktis dapat dibawa kemana-mana. Contohnya, Air mineral ron 88, cocacola, dll.
Berdasarkan bahan yang dikandung, minuman dapat dikelompokkan menjadi minuman berbahan soda dan berbahan alkohol. Minuman berbahan soda biasanya dapat menimbulkan efek menyegarkan namun dapat menimbulkan rasa tidak enak diperut (kembung). Contoh dari minuman berbahan soda yaitu cocacola dan fanta. Minuman beralkohol merupakan minuman yang mengandung alkohol di dalamnya. Selain dilarang penggunaannya oleh agama, minuman berbahan alkohol ini juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit pada tubuh kita, seperti penyakit liver dan kanker.
Berdasarkan khasiatnya, minuman dapat dikelompokkan menjadi minuman yang berkhasiat sebagai obat atau tidak. Minuman berkhasiat adalah minuman yang selain memberikan rasa nikmat kepada konsumen juga dapat memberikan khasiat sebagai obat yang dapat menyehatkan tubuh. Banyak minuman sekarang ini yang mengiming-imingi para konsumen dengan berbagai khasiat yang berguna bagi tubuh. Contohnya, susu KPBS pangalengan dan jus buah. Sedangkan minuman yang tidak berkhasiat adalah minuman yang hanya memberikan rasa nikmat kepada konsumen tanpa berkhasiat sebagai obat. Contohnya, teh gelas, bintang sobo, dll.
Berdasarkan penyajiannya, minuman dapat dikelompokkan menjadi minuman yang disajikan secara hangat atau dingin. Minuman hangat adalah minuman yang apabila disajikan secara hangat, akan meningkatkan rasa nikmat dan meningkatkan khasiat yang terkandung dalam minuman tersebut. Contohnya, jus jeruk hangat. Sedangkan minuman dingin yaitu minuman yang apabila disajikan secara dingin, akan meningkatkan rasa nikmat dari minuman tersebut. Contohnya, es cendol, Fanta, cocacola, dll.
Berdasarkan pihak yang memproduksi, minuman dapat dikelompokkan menjadi minuman produk lokal dan produk nonlokal. Minuman produk lokal adalah minuman yang dibuat oleh pihak baik perusahaan atau perorangan yang berdomisili di dalam negeri. Contohnya, es campur, es cendol, jus buah, dll. Sedangkan produk nonlokal adalah produk yang diproduksi oleh pihak baik perseorangan atau perusahaan yang berdomisili di luar negeri. Contohnya, cocacola dan fanta.
Selain pengelompokkan berdasarkan kententuan yang sudah ditetapkan, sebenarnya masih banyak lagi pengelompokkan yang lain. Seperti, pengelompokkan berdasarkan orang yang mengonsumsinya, pengelompokkan berdasarkan bahan sintetis atau alami, dll. Dengan mengelompokkan berbagai jenis minuman yang ada disekitar, diharapkan agar para konsumen dapat memilah dan memilih mana saja jenis produk minuman yang lebih baik untuk dikonsumsi.



3.      Teks Laporan Hasil Observasi Alam Sekitar

Macam-macam Hujan

            Hujan merupakan proses turunnya air dari langit menuju permukaan bumi yang terbentuk dari berbagai tahapan yang sistematis dan merupakan suatu keadaan yang terjadi secara berulang. Maksud berulang di sini yaitu air yang turun dari langit, akan kembali naik menuju langit melalui proses penguapan.
            Hujan banyak jenisnya. Di Indonesia  ada tiga macam jenis hujan yakni hujan frontal, hujan orografis dan hujan zenith.
            Hujan frontal adalah hujan yang disebabkan oleh bertemunya angin musim panas yang membawa uap air yang lembab dengan udara dingin bersuhu rendah sehingga menyebabkan pengembunan di udara yang pada akhirnya menurunkan hujan.
            Hujan orografis adalah hujan yang diakibatkan oleh adanya uap air yang terbawa atau tertiup angin hingga naik ke atas pegunungan dan membentuk awan. Ketika awan telah mencapai titik jenuh maka akan turun hujan.
Hujan zenit adalah hujan yang penyebabnya adalah suhu yang panas pada garis khatulistiwa sehingga memicu penguapan air ke atas langit bertemu dengan udara yang dingin menjadi hujan. Hujan zenit terjadi di sekitar daerah garis khatulistiwa saja.
Biasanya, hujan di Indonesia terjadi saat muson barat yakni pada bulan Oktober-April, namun saat ini hujan di Indonesia sudah tidak menentu yang mungkin disebabkan oleh perubahan iklim dari pemanasan global.

                                                           Lingkungan Tempat Tinggalku

Aku tinggal di daerah perkotaan Bandung yang sangat padat. Letak rumahku berada di Jl. PHH Mustofa No. 142 B Bandung RW 04/RT 07. Di lingkungan tempat tinggalku terdapat beberapa objek yang dapat digolongkan sebagai makhluk hidup dan tak hidup.
Makhluk hidup yang ada di tempat tinggalku dapat digolongkan menjadi manusia, hewan dan tumbuhan. Manusia di lingkunganku beraktifitas sebagaimana kebanyakan orang lain beraktifitas. Seperti bersekolah, bekerja, berekreasi, berolahraga, dsb. Selain manusia, terdapat pula makhluk hidup lain yaitu hewan dan tumbuhan. Hewan di lingkunganku misalnya, hewan unggas milik tetangga, kucing, tikus dsb. Tumbuhan di lingkungan sekitarku kebanyakan berada di pot karena wilayah yang tidak memungkinkan untuk ditanami pepohonan yang besar. Misalnya daun pandan, pohon palm kecil, pohon tomat, dsb.
Makhluk tak hidup disekitarku dapat digolongkan menjadi makhluk tak hidup alami dan makhluk tak hidup buatan. Makhluk tak hidup alami adalah makhluk tak hidup yang bukan diciptakan oleh manusia. Misalnya, batu, air tanah, udara, dsb. Sedangkan makhluk tak hidup buatan adalah makhluk tak hidup yang diciptakan oleh manusia. Misalnya, pagar, jalan raya, jembatan penyeberangan, dsb.
Makhluk tak hidup buatan dapat dikelompokkan lagi menjadi sarana prasarana publik dan sarana prasarana individu. Sarana prasarana publik yaitu sarana prasarana yang dipakai bersama-sama. Seperti jembatan penyeberangan, jalan raya, dsb. Jembatan penyeberangan biasa digunakan untuk menyeberang agar kita merasakan kenyamanan saat menyeberang dan jalan raya berfungsi sebagai jalan yang menghubungkan daerah satu dengan daerah lainnya. Sedangkan sarana prasarana individu adalah sarana prasarana yang hanya dinikmati dan digunakan oleh individu yang memilikinya. Misalnya, rumah, pagar, dsb. Rumah berfungsi untuk ditempati agar hidup kita terasa aman dan nyaman dan pagar berfungsi untuk meminimalisir terjadinya aksi kejahatan terhadap rumah kita oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
Dengan mengelompokkan makhluk hidup dan makhluk tak hidup di lingkungan kita, diharapkan agar para pembaca dapat hidup bersama dan saling membantu dalam hal kebaikan terhadap makhluk di sekitar kita. Oleh karena itu, marilah kita menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar agar kita dapat hidup aman, damai, nyaman dan sejahtera.


Peringatan!!!
 Dilarang meng-copy post ini secara illegal, kecuali jika kamu mendapat izin dari penulis atau dengan mencantumkan URL pada blog atau tugasmu.
Hargailah penulis OK!!!

181 comments:

  1. ijin copy "Mengelompokkan Berbagai Jenis Minuman"

    ReplyDelete
  2. izinnn copy bang

    buat tugas B.ind

    ReplyDelete
  3. izin copy yang Mengelompokkan berbagai jenis minuman.
    makasih

    ReplyDelete
  4. mhn izin copy nya ya,, smoga barokah,, utk tgs b.i yg judulnya "minuman di sekitar kita"
    by : Dian

    ReplyDelete
  5. ijin copy ya . . .untuk bahan gambaran RPP. Semoga barokah, amin..terimakasih ya..

    ReplyDelete
  6. izin copy ya :) untuk tugas :) terimakasih

    ReplyDelete
  7. izin copas y gan
    makasih banyak atas postingannya...

    ReplyDelete
  8. izin copas min buat tugas b indo yg "minuman di sekitar kita" thx mimin~

    ReplyDelete
  9. izin copy yha :)

    ReplyDelete
  10. boleh copas ya utk tugas BIndo... tengkyuuuu

    ReplyDelete
  11. izin mengkopi ya buat tugas BI terimakasih. sangat membantu :D
    sudah di cantumkan sumbernya juga

    ReplyDelete
  12. izin copy mas buat bahan ajar. makasih moga manfaat

    ReplyDelete
  13. izin copas gan. buat ngerjain tugas. Makasih

    ReplyDelete
  14. kuntum 7 juli 2014July 7, 2014 at 11:37 AM

    izin copy..
    terima kasih

    ReplyDelete
  15. Izin copy untuk tugas Bahasa Indonesia.. Trimakasih :)

    ReplyDelete
  16. izin copy ya pa untuk referensi contoh teks observasi di kelas

    ReplyDelete
  17. Izin Copy Bang Buat Tugas B.Ind

    ReplyDelete
  18. ADMIN izin copas ya ??? maksih (buat tugas)

    ReplyDelete
  19. Izin Copy untuk tugas B.indo :) :D

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. izin copy jga ya kak hehehehhehe.
    buat garap tugas :D

    ReplyDelete
  22. izin copy buat tugas bhs indonesia

    ReplyDelete
  23. izin copy untuk tugas yaa, barakallah

    ReplyDelete
  24. izin copy untuk tugas yaa

    ReplyDelete
  25. izin copy ya 2 buah tugas ku
    Tq

    ReplyDelete
  26. izin copas yah :D thanks

    ReplyDelete
  27. izin copas ya..
    makasih

    ReplyDelete
  28. izin copy .Makasih

    ReplyDelete
  29. IJIN COPY :D thank's

    ReplyDelete
  30. Izin copy ya buat tugas B.Indonesia, makasih:-)

    ReplyDelete
  31. Izin copy untuk tugas Bahasa Indonesia. Thanks in advance :)

    ReplyDelete
  32. Izin copy utk tugas bindo, thx :))

    ReplyDelete
  33. Izin copy mas, yang lingkungan tempat tinggal

    ReplyDelete
  34. yang lain minta izin copy
    aku minta dibikinin kopi ~
    *ANTI MAINSTREAM*

    ReplyDelete
  35. Izin copy yang "Minuman di Sekitar Kita" beserta tabelnya ya
    Saya cantumkan url-nya juga kok. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  36. izin copy ya kak..untuk tugas :)) - Thanks alot - *tentang lingkungan tempat tinggal

    ReplyDelete
  37. Kopi ku kental.... Musik ku keras..... Nikmaaat sungguh nikmat..... Izin Copy Pasteeeeee......(Macam - macam Hujan)

    ReplyDelete
  38. izin copy ya mas

    ReplyDelete
  39. izin copas "minuman di sekitar kita" terima kasih..

    ReplyDelete
  40. izin copas yah ^^

    ReplyDelete
  41. izin copas ya buat tgas
    makasih

    ReplyDelete
  42. Izin copy ya buat tugas makasihh

    ReplyDelete
  43. Izin copy ya untuk pr b.indo nya y

    ReplyDelete
  44. Izin copy kak, buat tugas B. Indonesia, yang Minuman di Sekitar Kita, makasih kak :)

    ReplyDelete
  45. ijin ngopy ya kakak buat praktek PPL nh :)
    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  46. Izin ngopi eh copy paste ya, untuk tugas :D

    ReplyDelete
  47. gak ngizin copy,ngapain izin lagian emang udah ngurus hak cipta? klo gak mau di copy jangan post di blog.

    ReplyDelete
  48. izin copy paste, buat tugas :D

    ReplyDelete
  49. izin copy sebagai gambaran untuk membuat tugas ya:)

    ReplyDelete
  50. Izin copas ya buat tugas

    ReplyDelete
  51. Assalaamu'alaikum.. Izin copy ya.. Syukron!

    ReplyDelete
  52. Assalamualaikum
    mohon diizinkan copas bwt UTS...Thank's

    ReplyDelete
  53. semoga berkah ya.. :)

    ReplyDelete
  54. Terima kasih kepada teman2 yg telah miminta izin atau mencantumkan url/link utk menggandakan teks di atas. Kalian telah menghargai saya, dan saya pun akan menghargai kalian.

    Semangat terus dalam belajar ya! Semoga ilmunya berkah! Amin

    ReplyDelete
  55. izin copi buat tugas

    ReplyDelete
  56. Izin mengkopi teks laporan mengelompokkan berbagai minuman
    terima kasih

    ReplyDelete
  57. terima kasih telah berbagi kak,
    sangat bermanfaat
    aku izin copy yaa

    ReplyDelete
  58. Izin copy ya :-)
    Untuk tugas
    Terimakasih

    ReplyDelete
  59. izin meng copast, untuk tugas.

    ReplyDelete
  60. izin copy untuk tugas ya. makasih

    ReplyDelete
  61. Izin copy bang :v
    buat tugas B.Ind :'v

    ReplyDelete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. Minta izin buat di copy ya. Terima kasih

    ReplyDelete
  64. izin copy ya bang :D

    ReplyDelete
  65. Minta izin buat di copy ya. Terima kasih

    ReplyDelete
  66. ijin copy ya, trims.

    ReplyDelete
  67. izin coppy ya
    makasih

    ReplyDelete
  68. izin copy ya. Terima Kasih

    ReplyDelete
  69. Izin copas yaa. Trims

    ReplyDelete
  70. izin buat ngopi soalnye pengen ngerjain b.indo oke

    ReplyDelete
  71. izin copy paste gan. buat tugas, thanks !

    ReplyDelete
  72. izin mengcopy untuk tugas b.imdonesia. sekian terima kasih

    ReplyDelete
  73. izin copy buat tugas b.indo ya
    thanks

    ReplyDelete
  74. Gan izin copy dulu yeee....

    ReplyDelete
  75. Izin Copy Teks Ny Y Buat TuGass

    PleaSeeee

    ReplyDelete
  76. izin copy ya kak, makasih banyak. god bless you :))))))

    ReplyDelete
  77. ijin copy please buat tugas bahasa indo

    ReplyDelete
  78. izin copy kakak :)

    ReplyDelete
  79. ijin copas buat tugas indo.. syukron.

    ReplyDelete
  80. izin copas y buat tugas........ makasihh.. Arigato gozaimasu..>.<

    ReplyDelete
  81. izin untuk menulis ulang untuk tugas bhs indo. maakasih

    ReplyDelete
  82. izin untuk menulis ulang untuk tugas bhs indo. maakasih

    ReplyDelete
  83. Ijin copy ya..buat referensi tugas

    ReplyDelete
  84. Izin Copas ,. buat tugas presentasi Gan

    ReplyDelete
  85. Izin Copas ,. buat tugas presentasi Gan

    ReplyDelete
  86. Izin Copas ya ...Thanks

    ReplyDelete
  87. Izin copy, yang lingkungan sekitar. Thank's.

    ReplyDelete
  88. izin ngeprint ya gan buat tugas
    thanks^^

    ReplyDelete
  89. Izin copy, yang lingkungan sekitar. makasihhhh

    ReplyDelete
  90. mas mbak saya izin copy yaa ;););)

    ReplyDelete
  91. Izin copy buat tugas B.Indonesia

    ReplyDelete
  92. Ijin copy k...buat tugas Bahasa Indonesia

    ReplyDelete