Friday, January 11, 2013

Manfaat Internet Dalam Berbagai Bidang Kehidupan




A.     Manfaat Internet Dalam Bidang Pendidikan


Pendidikan merupakan salah satu faktor dalam mengukur tingkat kemajuan suatu bangsa. Suatu bangsa dikatakan sebagai negara maju jika bangsa tersebut telah berhasil mencapai tujuan pembangunannya baik secara jasmani maupun rohani. Jika bangsa Indonesia ingin menjadi negara maju, maka kita harus berbenah dalam bidang pendidikan. Mengapa demikian? Karena pendidikan yang baik dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM} Indonesia. Dan SDM yang baik dapat memperlancar pembangunan nasional sehingga bangsa Indonesia menjadi negara yang maju.

Pada tahun 2011, Indeks Pembangunan Pendidikan Untuk Semua atau Education For All negara Indonesia mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2010 negara Indonesia berada di peringkat ke-65, sedangkan pada tahun 2011 negara Indonesia berada di peringkat ke-69. Saat ini Indonesia masih tertinggal dari Brunei Darussalam yang berada di peringkat ke-34.

Kompas edisi kamis,  3  Maret 2011

Untuk meningkatkan pendidikan, banyak hal yang dapat dilakukan, salah satunya dengan memanfaatkan internet. Berikut merupakan beberapa manfaat internet dalam bidang pendidikan.

·        Internet untuk memperoleh informasi
                        Dengan adanya internet, informasi tidak hanya dapat diakses di perkotaan, namun dapat juga diakses di pedesaan atau daerah-daerah terpencil

·        Situs web penyedia fasilitas belajar
            Saat ini di internet sudah banyak terbentuk situs-situs web penyedia fasilitas belajar. Diantara situs-situs web tersebut, ada yang berupa jejaring sosial. Situs web tersebut beralamat www. geschool.net. Disana tersedia pelajaran mulai dari SD hingga SMA. Jadi, kita dapat bersosialisasi sambil belajar. Selain jejaring sosial, ada juga website-website penyedia fasilitas belajar, seperti, www.kemdikbud.go.id. Website tersebut merupakan website milik Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

·        E-mail sebagai fasilitas untuk mnegumpulkan tugas dan berkirim pesan
            Kebanyakan guru/dosen, sekarang mulai memanfaatkan e-mail sebagai fasilitas untuk mengumpulkan tugas siswa/mahasiswa. Selain itu, e-mail juga digunakan untuk mengirim, menerima dan membuat data antar siswa/mahasiswa.

·        Mailing list sebagai media berdiskusi
            Mailing list dapat digunakan para pelajar untuk berdiskusi membahas bebagai masalah pelajaran.

·        Internet sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris
            Internet kebanyakan menggunakan Bahasa Inggris, oleh karena itu para pengguna internet dituntut untuk mengerti Bahasa Inggris.

·        Internet Sebagai Perpustakaan Online

Bentuk khusus dari internet sebagai gudang informasi adalah tersedianya fasilitas perpustakaan online, yang kumpulan-kumpulan situs-situs web dari perpustakaan kelas dunia. Di situs ini, kamu dapat membaca buku secara online maupun offline (isi situs diunduh atau disimpan di komputer terlebih dulu, sehingga dapat dibaca tanpa memerlukan koneksi internet). Buku apa saja ada, mulai dari ensiklopedi, novel, buku pelajaran, teknologi, komputer, komik, dan sebagainya. Ingat, tidak semua buku ini tersedia secara gratis. Ada beberapa situs yang mengharuskan kita membeli secara online atau membayar iuran sejumlah tertentu. Berikut ini beberapa situs internet penyedia perpustakaan online.
  1. http://onlinebooks.library.upenn.edu/
  2. http://perpustakan-online.blogspot.com
                                                                        www.blog.codingwear.com



B.     Manfaat Internet Dalam Bidang Pemerintahan


Pembangunan akan berjalan lancar apabila hubungan antara pemerintah dan masyarakat berjalan dengan baik atau harmonis. Berikut merupakan manfaat internet dalam bidang pemerintahan.

·        Dapat menerima aspirasi masyarakat dengan efektif dan efisien
            Kegiatan para pejabat biasanya sibuk. Sekarang, para pejabat dapat menerima aspirasi masyarakat dengan mudah dengan cara membuka website khusus untuk menyalurkan aspirasi.

§         Masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya secara mudah tanpa demonstrasi atau kekerasan
            Saat ini masyarakat dapat menyalurkan aspirasi dengan mudah dengan cara menyampaikan aspirasi tersebut melalui portal atau website khusus milik pemerintah.

·        Antara pemerintah dan masyarakat terjadi hubungan yang berkesinambungan berkat website yang dikelola pemerintah

·        Program-program pemerintah dapat tersampaikan secara efektif dan efisien berkat website yang dikelola pemerintah

·        Pemerintah lebih terbuka terhadap masyarakat dan KKN lebih terawasi masyarakat
Dengan adanya website milik pemerintah, masyarakat tidak merasa ragu-ragu terhadap jalannya pemerintahan karena berbagai laporan mengenai jalannya pemerintahan terdapat di website tersebut.

·        Mengundang turis baik turis domestik maupun turis mancanegara
Biasanya website yang dikelola pemerintah, menyediakan halaman mengenai objek wisata di daerahnya.

·        Mengundang para investor baik dalam negeri maupun luar negeri.
Berkat website yang dikelola pemerintah, para investor dapat melihat-lihat sesuatu yang dapat diinvestasikan.

·        Internet sebagai media untuk berkampanye
Kampanye sebaiknya dilakukan melalui internet. Karena selain tidak mengganggu ketertiban, berkampanye di internet juga lebih efektif dan lebih efisien.

·        Fasilitas Teleconference
Melalui fasilitas Teleconference ini, pemerintah dapat mengadakan konferensi dengan lebih efektif dan efisien, tanpa memerlukan banyak uang dan waktu.



C.     Manfaat Internet Dalam Bidang Lingkungan Hidup


Lingkungan hidup merupakan tempat kita hidup dan berpijak. Kita harus dapat menjaga lingkungan hidup agar tetap asri, sehat, aman dan nyaman, mulai dari lingkungan sekitar kita baik lingkungan rumah atau lingkungan masyarakat.
Baru-baru ini kita dihdapkan dengan masalah gobal warming. Efek dari global warming tersebut sudah terasa. Seperti melelehnya es di kutub utara dan di kutub selatan, sehingga terjadi kenaikan suhu yang tidak terduga seperti yang terjadi di beberapa tempat di Indonesia.
Kita harus segera mengatasi hal tersebut demi keselamatan kita bersama. Salah satunya dengan memanfaatkan media internet. Berikut beberapa manfaat internet bagi lingkungan hidup.

·        Menghemat penggunaan kertas
Internet dapat menghemat penggunaan kertas, karena internet merupakan media elektronik. Contohnya: Seorang siswa mengirimkan tugas kepada gurunya melalui e-mail.

·        Kita dapat melihat berbagai perkembangan lingkungan hidup di berbagai penjuru dunia sehingga kita termotivasi untuk menjadi lebih baik

·        Kita dapat melihat berbagai permasalahan lingkungan hidup di berbagai penjuru dunia
Internet bersifat mendunia. Setiap orang di dunia dapat mengakses internet baik itu dengan cara menulis, meng-upload foto dsb. sehingga kita dapat  melihat beritanya.

·        Kita dapat  memperoleh informasi mengenai cara kita dalam memelihara, melindungi dan merawat lingkungan hidup
Berbagai blog-blog menyediakan mengenai cara kita untuk hidup, termasuk masalah lingkungan hidup

·        Kita dapat bergabung dengan komunitas pecinta lingkungan
Dengan bergabung dengan komunitas pecinta lingkungan, kita dapat mengikuti bebagai aktifitas yang berkaitan dengan masalah lingkungan hidup.

·        Internet sebagai madia dalam mengkampanyekan program-program yang berkaitan dengan lingkungan hidup



D.    Manfaat Internet Dalam Bidang Sosial Budaya   


Manusia merupakan makhluk sosial. Kita dituntut untuk tidak hidup sendiri/individualis, tetapi kita harus hidup rukun saling membantu terhadap manusia lainnya.
Kehidupan di dunia ini makin lama makin berkembang. Dan sekarang kita dapat melihat akibat dari perkembangan tersebut yang sangat pesat. Contohnya: dahulu orang-orang berkomunikasi menggunakan asap, namun sekarang orang-orang berkomunikasi menggunakan handphone bahkan menggunakan tablet, dan masih banyak contoh lainnya.
Dijaman yang serba canggih ini kita dituntut untuk dapat beradaptasi dan tidak gaptek atau gagap terhadap teknologi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, internet merupakan satu-satunya. Berikut merupakan manfaat internet dalam bidang sosial budaya.

·        Berdiskusi dengan menggunakan fasilitas mailling list
   Bersosialisasi juga dapat dilakukan melalui fasilitas mailling list. Mailling list yaitu fasilitas yang digunakan untuk berdiskusi dalam membahas suatu persoalan.

·        Terciptanya silaturahim melalui jejaring sosial/sosial network
Terbentuknya jejaring sosial seperti facebook, twitter, saling sapa dsb. membuat kita mudah berkomunikasi sesama manusia lainnya di dunia baik itu yang berjarak dekat atau bahkan yang berjarak jauh sekali. Dengan munculnya jejaring sosial, kita dapat bersilaturahim dengan mudah dengan cara mengobrol (melalui fasilitas chatting) ataupun dengan cara meng-upload foto.

·        Informasi mengenai tren terkini
Melalui internet, kita dapat menemukan informasi mengenai mode/tren terkini, sehingga kita tidak ketinggalan jaman

·        Berkirim surat melalui fasilitas e-mail
Kita dapat saling berkirim surat baik itu sesama teman atau sesama keluarga tanpa banyak mengeluarkan waktu dan uang. Karena berkirim surat melalui e-mail sangan cepat dan murah.

·        Informasi mengenai kebudayaan suatu daerah
Melalui media internet, kebudayaan suatu daerah dapat dipromosikan. Dengan dipromosikan, kebudayaan daerah tersebut akan semakin berkembang.

·        Kita dapat saling curhat dengan memanfaatkan fasilitas chatting
Curhat dapat dilakukan secara tidak langsung, yaitu dengan memanfaatkan fasilitas chatting. Jadi, kita tak usah repot-repot ke rumah teman apabila ingin curhat.



E.     Manfaat Internet Dalam Bidang Kesehatan


Kesehatan merupakan suatu barang berharga yang tak ternilai harganya. Kesehatan tidak dapat dibeli dan juga tidak dapat diberikan. Oleh karena itu, kita harus rajin-rajin memelihara kesehatan kita. Di jaman modern kini, informasi kesehatan dapat diakses secara mudah, salah satunya melalui internet. Berikut merupakan manfaat internet dalam bidang kesehatan.

·        Situs penyedia informasi kesehatan.
Salah satunya yaitu detikhealth. Setiap harinya, situs ini selalu menyediakan berbagai informasi kesehatan terkini.

·        Para Pasien tidak perlu pergi ke dokter
Saat ini, para pasien dapat mengurus administrasi, berkonsultasi gratis melalui online secara efektif dan efisien.

·        Peran Telemedicine

Dimana dengan video call dokter dapat berkomunikasi dengan pasien, melakukan pemeriksaan sederhana, sehingga rujukan maupun penanganan awal dapat diberikan
                                                                        www. Andaka.com             

·        Terciptanya komunikasi yang super cepat antara suatu pihak dengan pihak lainnya, tanpa mengenal batasan ruang dan waktu

www.nursinginformaticsuin.blogspot.com
·        Berbelanja online

Dengan internet, kita dapat melakukan transaksi berdagangan, seperti, membeli peralatan medis dan obat-obatan.

www.nursinginformaticsuin.blogspot.com

·        Telenursing

Pemberian servis dan perawatan oleh perawat dengan menggunakan telekomunikasi/teknologi informasi dimana ada jarak secara fisik yang jauh antara perawat dan pasien atau antara perawat dan perawat.

www.nursinginformaticsuin.blogspot.com




Peringatan!!!
 Dilarang meng-copy post ini secara illegal, kecuali jika kamu mendapat izin dari penulis atau dengan mencantumkan URL pada blog atau tugasmu.
Hargailah penulis OK!!!

13 comments: