Monday, June 11, 2018

Cara Menggunakan Alat Texture Analyzer


Assalamu'alaikum guys, selamat pagi!
Ada apa nih? ada apa?
Gini guys, sekarang aku mau ngasih tau kalian sesuatu
Apatu?


Ini nih videoku yang terbaru.
Setelah kemarin aku upload video tutorial cara menggunakan alat viskometer digital, sekarang akau mau nunjukin ke kalian cara menggunakan alat texture analyzer.

Jadi guys, Texture Analyzer itu adalah instrumen yang bisa digunakan untuk mengukur nilai tekstur, seperti kekerasan, fracturness, chewiness, gumminess, kekuatan gel, kekuatan pecah, kelengketan, kekompakan, kelenturan, ketahanan, ketegasan, kerapuhan, atau kerja penetrasi.

Tes yang aku pake adalah Analisis Profil Tekstur (TPA), Uji Kompresi, dan Uji Tusukan. Ngomong-ngomong, sampel yang aku pake itu mentega yaa.

Kenapa sih kita harus pake alat texture analyzer buat nganalisis tekstur, khususnya bahan pangan?
Nah guys, biasanya kan kita nilai tekstur makanan itu pake alat indera kita sendiri ya? Nah, penilaian itu tuh ga se-objektif penilaian kalau kita pake alat loh. Selain itu, kalau kita pake alat, penilaiannya bisa lebih dipercaya dan tentunya lebih konsisten. Alat ini cuma bisa kamu pake di laboratorium loh (maaf so tau hehe). Iya, karna alat ini biasanya digunain buat kepentingan penelitian atau pembelajaran. By the way, aku dapet alat ini di laboratorium kampusku hehe.

Oke guys segitu aja dulu ya, semoga membantu kalian buat lebih banyak tau.
Semangat terus dan selamat belajar!

No comments:

Post a Comment